21
Dec
08

Festival Film Cannes

Pada tahun 1939, Asosiasi Prancis untuk Festival Film Internasional di bawah perlindungan pemerintah Prancis memilih kota Cannes sebagai tempat yang ideal bagi pertemuan-pertemuan sinematografi. Pada 1945, menteri urusan luar negeri dan Kementerian Pendidikan Nasional kemudian menyusul pada tahun 1946, Pusat Sinematografi Nasional (Centre National de La Cinematographie), mensubsidi festival tersebut sesudah perang.

Festival pertama dilangsungkan pada 20 September 1946. Sedikit demi sedikit festival ini mendapatkan pengakuan sebagai sebuah forum bagi film-film di seluruh dunia. Sembari menghadirkan film-film seni bersamaan dengan produksi-produksi yang disesuaikan untuk penonton yang lebih luas, festival ini merupakan cerminan evolusi ekonomi dan artistic zaman.

Pada tahun 1984, Pierre Viot menjadi presiden Festival. Juri Internasional yang ditunjuk oleh organisator festival dan terdiri dari 9 orang wakil dari berbagai profesi seni tertinggi, bertugas memberikan penghargaan pada film-film yang mereka pilih di antara film-film yang mengikuti kompetisi. Program ini diatur oleh seorang General Delegate yang dibantu oleh dua komite pemilih, satu untuk film-film Prancis, yang satu lagi untuk film-film produksi asing.

Penghargaan-penghargaan dalam festival Film Cannes antara lain: “Palme d’Or” atau Palem Emas, diciptakan pada 1955, “Grand Prix du Jury”, “Les Prix d’Interpretation Feminine et Masculine”, “Prix de la Mise en Scene” dan “Prix d’Or” (sejak 1978).

Sejak 1959, pasar film Internasional Cannes mempertemukan para produser film dan para distributor. Cannes International Motion Picture memiliki 19 teater (bioskop). Selama 10 hari, terdapat 700 kali pemutaran 400 film dari lebih dari 40 negara. Walikota Cannes mengungkapkan bahwa kota itu sebaiknya dijadikan “kota sinema” dan membeberkan rencana untuk membangun studio-studio di masa yang akan datang.(amadeus)


0 Responses to “Festival Film Cannes”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: